Featured

BANNER DISNAKERTRASN copy

Rapat Koordinasi Teknis Program PP dan PA se-Sumatera Selatan di Kabupaten Empat Lawang 14 - 16 Maret 2016

 

Rapat koordinasi teknis Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak ini merupakan agenda tahunan yang telah disepakati bersama di antara kami para pengelola Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten/Kota dan Provinsi. Sesuai dengan hasil kesepakatan pada rapat koordinasi teknis tahun 2015 kemarin, maka penyelenggaraan rapat koordinasi teknis tahun ini diselenggarakan di Kabupaten Empat Lawang. Penggiliran tempat penyelenggara ini diharapkan kita dapat saling melihat dan lebih mengenal pembangunan di kabupaten/kota lain pada umumnya, dan pada khususnya dalam pelaksanaan program kegiatan pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak.

Dari rapat koordinasi teknis ini diharapkan kita dapat saling belajar secara langsung berkaitan dengan pelaksanaan kegiatan pelayanan pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak di kabupaten/kota tempat penyelenggara kegiatan rakor teknis ini. Yang baik kita akan adopsi dan kita implementasikan di kabupaten/kita, dan sekiranya terdapat masalah akan kita bahas bersama untuk bersama-sama pula mencari solusi jalan keluarnya. Sehingga dengan demikian, SKPD Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten/Kota se Sumatera Selatan bersama Badan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Provinsi dapat maju bersama dalam upaya memberikan layanan terbaik bagi masyarakat.

Sampai dengan saat ini, bentuk SKPD Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak di kabupaten/kota masih bervariasi, ada Badan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak sendiri, ada juga yang sudah mandiri berbentuk Kantor, ada yang masih bergabung dengan urusan Keluarga Berencana, dan bahkan ada yang hanya berbentuk Sub Seksi pada Badan yang relevan, namun demikian, Insya Allah semua mempunyai tekat dan niat untuk memberikan layanan yang terbaik untuk pemberdayaan perempuan berkaitan dengan kesetaraan gender, layanan perlindungan hak perempuan dan anak, serta upaya pemenuhan hak-hak anak. 

Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia sendiri sebagai kementerian koordinatif, tidak dapat berbuat banyak untuk dapat melaksanakan kegiatan yang secara langsung menyentuh kebutuhan masyarakat. Demikian pula halnya kita di daerah. Untuk itu, maka dibentuklah Gugus Tugas dan Kelompok-Kerja yang beranggotakan dari unsur SKPD, insttansi vertikal terkait sesuai dengan tugas dan fungsinya dan masyarakat untuk melaksanakan kegiatan tersebut.

Pada saat ini kita telah memiliki 16 (enam belas) buah Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A) terdiri dari P2TP2A Provinsi dan 15 P2TP2A Kabupaten/Kota, yang diamanatkan untuk memberikan layanan dan pendampingan bagi perempuan dan anak korban kekerasan. Insya Allah 2 (dua) kabupaten lagi, yaitu OKU Selatan dan Pali segera menyusul.

Maraknya perdagangan orang dengan berbagai alasan pada akhir-akhir ini, sebenranya telah diantisipasi oleh Pemerintah untuk pencegahannya melalui pembentukan Gugus Tugas Pencegahan Tindak Pidana Perdagangan Orang (TP-TPPO). Alhamdulillah untuk Gugus Tugas TPPO ini telah terbentuk di provinsi dan di 7 kabupaten/kota. Khusus untuk merealisasikan UU No. 35 Tahun 2014 tentang Perubahan atas UU No. 23 tahun 2002 tentang Perlindungan Anak, dimana dalam Undang-undang tersebut dicantumkan secara jelas 31 (tiga puluh satu) hak anak yang harus dipenuhi oleh Pemerintah, Pemerintah Daerah, Masyarakat dan Keluarga.

Sebagai upaya untuk merealisasikan amanat Undang-Undang tersebut, maka dibentuklah Gugus Tugas Pengembangan Kabupaten/Kota Layak Anak, dan sekaligus pembentukan Forum Anak sebagai wahana penampung pendapat anak untuk dapat berpartisipasi langsung dalam pembangunan.

Dan sampai dengan saat ini, di Sumatera Selatan telah terbentuk Gugus Tugas Pengembangan Kota Layak Anak dan Forum Anak di provinsi dan di 13 kabupaten/kota.

1888351
Hari Ini
Minggu Ini
Bulan Ini
Total
4927
29222
65600
1888351

Your IP: 54.221.73.186
Server Time: 2017-12-15 23:22:26

logo kemenker logo ppn
logo kemenker

logo sumselprov

kotalayakanak logo tribun
logo kios31 komnasperempuan
logo bps logo lpse

maps

 

Alamat :  Jalan Ade Irma Suryani Nasution
      No. 1254 30116 Palembang
Telepon :  (0711) 314004
Fax :  (0711) 314004
E-Mail : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.